Selasa, 24 Desember 2013

Teknologi Masa Depan yang Diharapkan Hadir Dalam Waktu Dekat


Saat ini kita sedang dimanjakan dengan hadirnya film yang mengangkat tema teknologi di masa depan yang membuat kita berimajinasi seperti apa keadaan di masa depan nantinya. Dengan gambaran teknologi masa depan yang dihantarkan melalui film Box Office Amerika, kita semua sudah bisa membayangkan betapa nyaman dan mudahnya kehidupan kita jika memang hal itu terjadi. Namun jangan salah, beberapa pengembang saat ini tinggal selangkah lagi untuk mewujudkan teknologi masa depan seperti yang Anda lihat di Box Office agar sampai pada genggaman tangan Anda.
Pada tulisan kali ini, Paseban telah merangkum beberapa proyek teknologi masa depan yang saat ini sedang dikerjakan dan diharapkan banyak orang akan muncul beberapa tahun mendatang. Apa saja teknologi masa depan yang banyak diharapkan semua orang agar hadir dalam beberapa tahun ke depan? Berikut ulasannya.
Jubah Tembus Pandang
Para penggemar serial Harry Potter tentu akan mengenal salah satu jubah yang dikenakan Harry untuk menyelinap masuk ke dalam perpustakaan di malam hari. Ya, hal ini akan segera terwujud berkat sentuhan ‘magis’  dari sekelompok mahasiswa di  Universitas Zhejiang di Cina yang membuat terobosan terbaru yang menggunakan proses yang disebut optimasi topologi untuk menciptakan keajaiban ini.
Dengan membuat replika komputerisasi jubah yang terbuat dari Teflon, mereka sudah bisa memberikan data prediksi untuk garmen, berdasarkan lingkungan dari sang pengguna, yang mana nantinya akan menciptakan topologi yang meminimalkan distorsi cahaya saat melintasi cahaya.
Misi ke Mars
Eric C. Anderson, co-founder dan chairman dari Space Adventures mengungkapkan kita akan bisa tinggal di Mars hingga beberapa abad lamanya di sana. Hal ini bisa saja terjadi, mengingat Curiosity sedang meneliti dan mengumpulkan sampel tentang bukti-bukti yang menguatkan bahwa Mars dapat dihuni oleh manusia di masa yang akan datang.
Total Immersion Virtual Reality
Beberapa waktu yang lalu, dunia tengah bersemangat dengan kehadiran gaming headset Oculus Rift yang memungkinkan untuk membawa kita masuk ke dunia digital permainan kita seperti impian kita di waktu kecil.
Namun, menurut futurolog Google, Rey Kurzweil, dunia virtual akan  bersaing dengan kehidupan nyata setelah komputer menjelma menjadi lebih kecil dan cukup kuat untuk ditanamkan di dalam otak kita, yang mengarahkan manusia ke dalam  komputer mindpower. Segera setelah itu kita akan dapat merasakan dunia game melalui  sistem saraf kita sendiri. Nanobots akan bergerak mengitari tubuh kita, yang menggantikan panca indera kita untuk mendukung kehidupan di dunia virtual. Kurzweil menganggap komputer-komputer berukuran sel darah akan tercipta sekitar 25 tahun lagi.
Kita Semua Akan Bertransportasi Menggunakan Tabung
Saat ini, di Amerika sendiri tengah dikembangkan sebuah teknologi transportasi yang berbentuk tabung. Tentu pertama kali kita melihat hal semacam ini di dalam film Box Office ciptaan Hollywood, dan hal ini akan diwujudkan dengan segera.
Konon, tabung ini akan membawa Anda bepergian dengan kecepatan yang tinggi dan akan mengantarkan Anda ke tujuan Anda dalam hitungan beberapa menit bahkan detik. Elon Musk adalah orang yang berada di balik ide ini. Kendaraan ini nantinya akan dinamai dengan Hyperloop yang memanfaatkan tenaga solar untuk menggerakkannya. Ini adalah proyek transportasi paling mahal sedunia. Ketika sudah difungsikan, nantinya moda transportasi ini akan mampu melesat dengan kecepatan 1287 km/jam.
Robot Cerdas
Beberapa waktu yang lalu, kita disuguhkan dengan kemampuan robot buatan Jepang yang mampu mengalahkan manusia dalam adu batu, gunting, kertas yang benar-benar 100 persen dapat mengalahkan manusia. Tapi jangan khawatir jika nantinya robot cerdas akan mendominasi bumi seperti yang Anda lihat dalam film sci-fi atau Terminator. Tangan robot ini hanya bergerak dengan cukup cepat dan lebih cepat dari tangan Anda.
Namun para peneliti masa depan mengatakan bahwa kecerdasan robot pada nantinya akan melampaui kecerdasan dari manusia itu sendiri yang telah diprediksi oleh Ray Kurzweil yang memperhitungkan hal ini terjadi di tahun 2045. Pada tahun ini disebutkan, bahwa komputer akan mendapatkan kesadaran dan mulai mereplikasi diri dan membuat keputusan untuk diri mereka sendiri. Jika ini benar, maka teknologi ini akan menarik dan juga menyeramkan untuk kehidupan manusia sendiri.
Lift Luar Angkasa
Pada tahun 2100, futurolog terkenal, Machio Kaku percaya sebuah ruang lift yang terbuat dari grafem  (zat dari bumi yang lebih kuat dari permata) akan dapat mengantarkan kita pergi ke luar angkasa dengan menggunakan lift yang membentang di luar  atmosfer bumi. Ia percaya, bahwa nanoteknologi, memungkinkan kita untuk membuat lift ini dari graphene.
Mencetak Anggota Tubuh Melalui Printer 3D
Dengan kemunculan printer 3D, masa depan kita akan terbantu dengan ini, terutama untuk bidang kesehatan. Para peneliti saat ini sedang meneliti tentang kemungkinan mencetak bagian tubuh yang rusak menggunakan printer 3D. Sehingga para korban yang kehilangan salah satu anggota tubuhnya, dapat diselamatkan menggunakan printer 3D ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar