Minggu, 29 Desember 2013

Instant Messenger


Instant Messenger atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan pesan instan merupakan sebuah teknologi internet yang memungkinkan para penggunanya untuk bisa mengirim pesan singkat secara langsung dalam sebuah jaringan internet. Para pengguna pesan singkat ini dapat langsung berkomunikasi pada waktu yang bersamaan atau real time dengan menggunakan teks kepada pengguna lainnya yang sama-sama terhubung dalam sebuah jaringan.
Konsep awal teknologi instant messenger ini muncul pada awal-awal pengembangan sistem operasi UNIX dan jaringan internet. Pada penggunaannya, para pengguna yang sudah melakukan log ini dapat mengirimkan sebuah perintah berupa <code>talk</code>, write, dan finger untuk melihat siapa saja yang sudah masuk log dan akhirnya dapat mengirimkan pesan singkat kepada mereka-mereka yang sudah terhubung.
Istilah pesan singkat atau instant messenger saat ini umumnya merujuk pada sebuah teknologi yang dipopulerkan oleh American Online atau yang lebih dikenal dengan AOL. Kemudian istilah pesan singkat juga diikuti oleh Yahoo! dengan mengenalkan sebuah jaringan yang disebut dengan Yahoo! Messenger, Google, dan Microsoft yang dikenal dengan nama Windows Live Messenger. Hal ini terus berlanjut hingga banyak perusahaan-perusahaan yang mengenalkan pesan singkat tersebut.
Pesan singkat tidak hanya berguna untuk berkomunikasi, dalam kegunaannya, instant messenger ini juga memberikan fasilitas antarmuka dalam berkomunikasi. Berikut adalah fungsi antar muka dari pesan singkat:
  • Instans messages : untuk mengirim pesan kepada teman yang sedang online atau sedang terhubung dengan jaringan internet secara bersamaan
  • Chat : untuk menciptakan chat room atau ruangan mengobrol seperti halnya di dunia nyata dengan teman atau rekan kerja sehingga pembicaraan dapat berlangsung dengan baik.
  • Web links : untuk berbagi link mengenai website favorit atau website yang baik untuk dikunjungi.
  • Video : untuk mengirim serta menyaksikan video dan melakukan chatting secara face to face dengan teman. Sehingga cahtting pun tidak hanya dengan teks, akan tetapi dengan video call atau lainnya pun bisa berjalan.
  • Images : untuk melihat gambar yang ada teman Anda miliki
  • Files : untuk berbagi file dengan mengirimkan file tersebut secara langsung kepada rekan atau teman.
  • Talk : berfungsi untuk pengguna agar bisa benar-benar berbicara dengan teman layaknya menggunakan telepon.
  • Mobile capabilities : untuk mengirim instan messenger melalui handphone.
Fungsi dalam instan messenger ini memang sangat banyak, sehingga banyak kelebihan-kelebihan yang dapat dirasakan oleh para pengguna dalam menggunakan pesan singkat tersebut.

Sejarah Instant Messenger

Pada awalnya instan messaging dimulai ketika mulai banyak orang menggunakan teknologi online pada 1990. Ketika itu orang-orang mulai meluangkan waktunya untuk mengakses jaringan internet di mana saja dan kapan saja.
Setelah banyak yang sadar akan kebutuhan jaringan internet, para pengembang piranti lunak menciptakan sebuah software chat room. Software ini memungkinkan suatu group atau perorangan dapat melihat serta mengirim pesan kepada orang lain yang ada pada “room” tersebut. Kemudian penyedia jasa online Quantum Link menawarkan fitur untuk dapat saling berkirim pesan dengan sesama pengguna komputer yang sedang dalam keadaan online. Penerapan instan messaging ini memiliki dasar yang tidak jauh berbeda, yaitu dengan menyediakan sebuah chat room yang ditujukan untuk dua orang agar bisa saling berkomunikasi.
Setelah pengembangan yang terus dilakukan, pada November 1996 Instant Messenger mulai meledak di internet. Hal ini ditandai dengan munculnya Mirabilis. Mirabilis memperkenalkan ICQ yang merupakan sebuah instan messenger yang dapat dipergunakan oleh semua orang secara gratis.
Pada 1997, AOL menjadi pioneer dalam komunitas online dengan memberikan sebuah kecanggihan bagi para pengguna pesan singkat untuk dapat melakukan komukasi dalam waktu yang bersamaan. Komunikasi ini dilakukan dalam sebuah chat room dan instant messaging. Model ICQ ini lah yang kemudian menjadi dasar penting dalam penggunaan Instan Messaging yang beredar hingga sekarang.
Saat ini, perkembangan Instant Messenger sudah banyak mengalami kemajuan yang sangat pesat. Penggunaan pesan singkat yang awalnya hanya dilakukan dengan sebuah komputer saat ini sudah bisa dilakukan dengan menggunakan telepon genggam. Dengan kemampuan yang dimiliki telepon genggam untuk mengakses internet, para pengguna IM dapat mengakses dunia maya kapan saja dan di mana saja.
Pengguna instan messenger di Indonesia sendiri cukup banyak. Umumnya, pengguna instan messaging ini berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Banyaknya piranti lunak seperti mig33, eBuddy, dan lain-lain memungkinkan para pemegang telepon genggam dapat berkomunikasi dengan pesan singkat dan kapan saja. Tidak hanya itu, para provider telepon genggam pun memberikan fitur-fitur yang lengkap untuk menunjang konsumennya dapat melakukan instant messenger.
Selain itu, ada juga layanan SMS premium seperti chat n’ date yang saat ini iklannya cukup sering beredar di media masa. IM pada chat ‘n date berbeda dengan IM lainnya. Hal ini dikarenakan IM hanya berbasisi pada teknologi SMS dan berbeda dengan IM chat ‘n date dan instant messenger lainnya yang berbasis jaringan internet.

Penggunaan Instant Messenger

Dengan banyaknya masyarakat yang menggemari fitur instant messenger ini, maka untuk dapat menggunakan fitur tersebut harus lah melakukan beberapa langkah seperti berikut. Pertama-tama, kita harus memerhatikan piranti lunak atau software yang mendukung Instan Messenger kita dalam komputer. Jika dalam komputer belum tersedia piranti lunak IM, kita harus mengunduhnya terlebih dahulu. Setelah selesai mengunduh hal berikutnya adalah menginstalkan dalam komputer kita.
  • Setelah piranti IM ada dalam komputer kemudian buka piranti IM yang telah ada dalam komputer.
  • Begitu terhubung dengan server, Anda harus mengetikkan nama dan password pada table dialog tersebut. Jika Anda belum memiliki akun atau nama dalam IM tersebut, harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Dengan melakukan pendaftaran maka server telah memverifikasi terhadap nama dan password yang telah dicantumkan sebelumnya.
  • Setelah itu, komputer akan secara langsung mengirimkan data kepada server berisi informasi koneksi yang ada pada komputer yang digunakan untuk chatting yaitu berupa IP address dan number of port.
  • Kemudian, server akan langsung membuat file secara temporary yang akan menghubungkan informasi Anda dan list contact yang dimiliki. Selanjutnya, server akan menyingkronisasikan Anda dengan para pengguna dalam list contact yang dimiliki. Dan akan menandai para pengguna yang sedang dalam keadaan online.
  • Langkah selanjutnya, Anda bisa mengklik nama orang yang sedang dalam keadaan online dan kemudian akan terbuka sebuah halaman sehingga bisa menulis pesan yang diinginkan. Kemudian percakapan pun dapat dimulai pada saat itu.
  • Ketika percakapan telah selesai dilakukan, kita bisa menutup kembali halaman percakapan kita.
Dengan langkah-langkah penggunaan instan messenger tersebut, dapat dikatakan bahwa dalam melakukan percakapan, setiap orang dapat dengan mudah melakukan obrolan dengan orang lain walau pun berada di tempat yang berbeda sekalipun.
Seiring dengan peningkatan kebutuhan para pengguna, instan messenger terus mengalami inovasi-inovasi dari tahun ke tahunnya. Pada umumnya setiap piranti atau software IM memungkinkan para penggunanya untuk bisa berbagi file dan lain sebagainya. Selain itu AOL, Yahoo!, Google, dan MSN menyedikan fitur IM dengan langsung terhubung dengan jasa email yang telah ada sebelumnya. Hal ini memungkinkan para pengguna untuk melakukan obrolan atau percakapan singkat bersamaan dengan menerima pemberitahuan apabila ada email yang masuk pada saat yang bersamaan.
Pada umumnya, saat ini fitur IM atau instan messenger ini memungkinkan para penggunanya untuk bisa melakukan percakapan seperti halnya telepon dan melakukan konferensi menggunakan video. Hal itu memang sudah banyak digunakan dalam beberapa kebutuhan pengguna, seperti video call, conference call, dan lain sebagainya. Selain itu, para pengguna juga dapat memersonalisasikan halaman percakapan mereka sesuai dengan keinginan masing-masing.
Demikian lah pembahasan mengenai instant messenger yang dapat disampaikan. Dengan zaman yang canggih saat ini, kita tentu banyak diberikan kemudahan-kemudahan yang sangat canggih. Salah satunya adalah dengan Instan Messenger ini. Dengan komunikasi yang mudah dan cepat ini Anda dapat melakukan komunkasi tanpa batas oleh ruang dan waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar