Selasa, 07 Januari 2014

Apa itu KVM Switch?

KVM adalah singkatan dari Keyboard, Video (monitor) dan Mouse, yang sering disebut juga PC switch atau Electronic switch. KVM switch berbeda dengan data switch. Kegunaan utama dari sebuah KVM switch adalah mengendalikan, berpindah dan mengatur banyak PC melalui sebuah keyboard, monitor dan mouse. Ketika sebuah PC menyala, sistem operasi akan secara otomatis mendeteksi sinyal keyboard dan mouse. Setelah terhubung, layar akan menampilkan halaman awal. Jadi, proses penyalaan sebuah PC (CPU/Server) sangat berkaitan erat dengan keyboard dan mouse-nya.

Jika kita hendak mengendalikan beberapa PC, maka kita memerlukan beberapa keyboard, mouse, dan monitor. Cara ini sangat tidak efektif karena memerlukan banyak ruang/tempat dan juga biaya (mahal). Dari masalah kebutuhan akan efisiensi dan penghematan ruang serta biaya inilah KVM Switch “lahir”.

Saat membeli sebuah KVM, kita harus menentukan berapa jumlah PC yang akan kita kendalikan (saat ini dan saat yang akan datang). KVM dengan jumlah port kecil biasanya lebih mudah digunakan karena tidak memerlukan instalasi software tambahan. Kita dapat mengendalikan melalui hot keys atau tombol switch. Dan biasanya KVM ini tidak memerlukan catu daya tambahan. Guna menghemat tempat, KVM Switch tingkat tinggi dapat dipasang pada sebuah server-rack dengan tinggi hanya 1U atau 2U. KVM ini juga dapat menggunakan IP jaringan untuk mengatur setiap titik serta menyalakan atau mematikan PC yang terhubung.
Fungsi utama dari sebuah KVM Switch adalah menggunakan satu set keyboard, monitor dan mouse untuk mengendalikan banyak PC. KVM Switch harus memastikan sinyal keyboard dan mouse yang disimulasikan terhubung ke PC, dan selama perpindahan tidak mempengaruhi kerja dari CPU. Sebuah KVM Switch juga harus menghasilkan resolusi video yang stabil, mendukung berbagai platform dan sistem operasi komputer, serta mendukung berbagai merk keyboard dan mouse. Setiap KVM Switch hanya dapat terhubung dengan sejumlah tertentu PC, yaitu sejumlah port yang tersedia. Satu KVM Switch paling sedikit memiliki 2 port, sedangkan pemasangan beberapa KVM Switch bisa memiliki lebih dari 4000 port.

Saat jumlah komputer yang terhubung meningkat, kebutuhan teknologi seperti identifikasi sinyal juga meningkat untuk menyesuaikan berbagai sinyal masukan dan keluaran. Demikian juga kerumitan pengaturan meningkat untuk menyediakan fitur-fitur seperti Remote Control, Multiple Segmentation, dan High-level Security. Solusi kendali jarak jauh dapat menggunakan KVM Switch yang berbasis perangkat keras maupun perangkat lunak seperti PCAnywhere, VNC, OpenSSH, dan Microsoft Telnet Service. Masing-masing cara memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.
KVM biasanya digunakan di ruangan server dan pusat data informasi yang memiliki banyak server. Sebuah ruangan server rata-rata berisi 16 sampai 32 server, sedangkan ruangan server besar dapat berisi lebih dari 100 server. Karena harga PC semakin terjangkau, pengguna pribadi dapat memiliki banyak PC. Oleh karena itu, pengguna juga dapat membeli KVM Switch untuk kebutuhan kenyamanan dan penghematan tempat di rumah.
KVM switch senantiasa berkembang untuk memenuhi kebutuhan baru seperti kemajuan teknologi, spesifikasi, inovasi, dan penerapan baru. Beberapa contoh teknologi KVM Switch baru antara lain KVM + Peripheral (KVMP), KVM + Fast Ethernet (KVME), KVM nirkabel, dan KVM via Internet. Kesemuanya semakin dikenal seiring dengan perkembangan teknologi peralatan rumah tangga digital yang sebelumnya tidak mungkin.

Beberapa istilah untuk spesifikasi KVM Switch antara lain:
1. Port
Jumlah port menunjukkan jumlah PC yang dapat terhubung ke KVM. Sebagai contoh, sebuah KVM Switch 8 port, dengan sebuah keyboard, monitor dan mouse dapat mengendalikan sampai 8 PC. Jumlah port yang pada umumnya digunakan KVM Switch yaitu 2, 4, 8, 16 atau 32. Jika jumlah PC lebih dari 32, maka digunakan metode bertumpuk atau metode daisychain untuk menghubungkan PC-PC tersebut. Agar lebih nyaman untuk mengendalikan dan menjalankan banyak PC, KVM memiliki berbagai fungsi untuk membantu pengaturan seperti hot keys, On Screen Display (OSD), dan Broadcasting. Beberapa perusahaan KVM yang inovatif mengembangkan chip inti khusus untuk meningkatkan stabilitas dan efisiensi eksekusi sinyal.

2. Console
Console merupakan pusat input/output dari sebuah komputer, termasuk monitor, keyboard dan mouse (jika diperlukan). Dalam istilah KVM, console merupakan kendali yang digunakan untuk mengatur keyboard, monitor dan mouse. Biasanya sebuah console memiliki tiga port berbeda untuk masing-masing keyboard, mouse dan monitor. Jenis konektor keyboard dan mouse ada USB dan PS/2, sedangkan jenis konektor untuk monitor ada DVI dan HDB 15 (VGA).
Catatan: Beberapa Console KVM yang mendukung audio juga memiliki port microphone dan speaker. KVM yang dirancang khusus untuk komputer SUN dan MAC computers memiliki jenis port yang berbeda.

3. CPU/KVM
Istilah ini berkaitan dengan PC yang terhubung. Port untuk sebuah CPU pada KVM memiliki tiga sinyal (keyboard, mouse, dan monitor) untuk terhubung dengan port pada PC.
Untuk menghemat bahan dan meningkatkan kenyamanan pemasangan, beberapa perusahaan memproduksi kabel khusus tersendiri dengan menggabungkan ketiga jenis kabel di atas menjadi satu. Dengan menggunakan kabel ini akan menyederhanakan ruang di atas meja karena mengurangi kesemrawutan berbagai kabel. Sinyal-sinyal di dalam kabel dapat terpengaruh oleh gangguan dari luar maupun dalam. Oleh karena itu, pilihlah merk KVM profesional untuk mengurangi risiko tersebut.

Catatan: KVM yang mendukung audio juga memiliki port untuk microphone dan speaker pada CPU/KVM.
Berdasarkan pemakainya KVM switch dapat dibagi menjadi kategori berikut:
•    Small Office and Home Office (SOHO); perusahaan kecil
•    Small and Medium-sized Business (SMB); perusahaan menengah
•    Large or high-end global enterprise-level KVM; perusahaan besar atau global
Banyak perusahaan KVM membagi KVM tingkat tinggi menjadi KVM kendali jarak jauh dan KVM kendali dekat. Untuk lebih jelas mengenai jenis-jenis KVM, silahkan kunjungi www.aten.com.

2 komentar:

  1. nice information.. this is very helpfully

    BalasHapus
  2. Saya mau tanya untuk kisaran harga 8 port berapa ya? Jika server tidak bisa nyala otomatis jika listrik nyala apakah bisa menggunakan kvm? Terima kasih

    BalasHapus