Jumat, 03 Januari 2014

5 Teknologi yang Akan Hadir di Ajang CES 2014


 

Beberapa hari lagi, acara Consumer Electronics Show 2014 akan digelar. Bertempat di Las Vegas, Amerika Serikat, pameran teknologi terbesar di dunia ini akan berlangsung selama empat hari, yaitu mulai tanggal 4 hingga 7 Januari 2014. Diperkirakan, lebih dari 150 ribu orang akan hadir dalam acara ini untuk melihat beberapa teknologi terbaru dan unggulan yang akan dipamerkan oleh sejumlah produsen.
 
Setidaknya ada ratusan produsen TI ternama yang turut hadir dalam acara ini, seperti Apple, Samsung, Google, dan beberapa produsen lainnya berlomba-lomba menyuguhkan produk andalannya. Pada tahun lalu, sudah diangkat kabar akan hadirnya teknologi 4K di sejumlah perangkat hiburan, seperti TV. Tak hanya itu, teknologi lain yang juga diperlihatkan sejumlah produsen adalah antarmuka terbaru di sejumlah smartphone.
 
Dalam debutnya, Sony menghadirkan layanan yang membuat pengguna bisa mengunduh konten 4K dan beragam aplikasi untuk mengontrol sebuah gadget muncul di mana-mana. Selain itu, beberapa perusahaan, seperti Leap Motion memperkenalkan cara baru untuk berinteraksi dengan komputer. 
 
Teknologi terbaru apa saja yang akan hadir dalam gelaran CES 2014 kali ini, berikut ulasannya.
 
TV 4K Semakin Nyata
 
Pada CES 2013 lalu, teknologi TV 4K telah menjadi pembicaraan yang menarik dan dalam gelaran kali ini, teknologi tersebut semakin berkembang. Kabarnya, banyak produsen yang akan menghadirkan perangkat TV 4K dengan layar lebih besar dan spesifikasi yang tentunya lebih baik. Dua produsen asal Korea Selatan, Samsung dan dan LG telah mengumumkan rencananya untuk memamerkan TV 4K buatannya. Menariknya, TV 4K yang dihadirkan akan menampilkan layar melengkung yang digadang-gadang mampu menampilkan gambar terbaik dikelasnya.
 
 
Tak kalah penting adalah konten yang akan hadir di dalam TV tersebut. Kabarnya, banyak produsen yang telah siap untuk menghadirkan konten menarik terkait dengan kehadiran TV 4K di tahun ini. Televisi 4K juga dilengkapi HDMI 2.0.
 
Banjir Perangkat "Wearable"
 
Banyak analis teknologi yang menyebutkan, tahun 2014 ini akan dibanjiri oleh produk-produk bersifat wearable, seperti jam tangan pintar, gelang pintar, dan beberapa perangkat pintar lainnya yang bisa dikenakan di tubuh pengguna. Samsung, pada pertengahan tahun lalu, telah berhasil meluncurkan jam tangan pintar buatannya, Galaxy Gear. Rencananya, mereka akan terus mengembangkan jam tangan pintar tersebut hingga bisa terkoneksi dengan semua smartphone yang dimilikinya.
 
Gelang pintar yang berfungsi untuk menemani pengguna berolah raga pun banyak diproduksi oleh sejumlah produsen. Salah satu gelang pintar yang populer saat ini di pasaran adalah besutannya Nike, +FuelBand. Melihat hal itu, diperkirakan pada ajang CES 2014 kali ini, akan banyak produk serupa dari bermacam produsen. Pengembangan yang mereka lakukan akan melahirkan beragam fungsi yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna.
 
 
Selain itu, ada pula kacamata pintar. Google Glass sepertinya tetap akan dihadirkan dalam gelaran kali ini. Beberapa pesaing Google juga telah siap-siap untuk melahirkan produk sejenis sebelum raksasa teknologi tersebut menjual secara bebas ke tangan konsumennya. Salah satu produsen yang telah siap adalah Recon Instruments. Perusahaan asal Kanada yang didukung Intel ini berencana memperkenalkan kacamata buatannya yang diberi nama Recon Jet. Kacamata ini memiliki kemampuan untuk memotret sebuah objek.
 
Teknologi Biometric Semakin Populer
 
Sensor sidik jari dan mata bukanlah hal baru. Namun, kehadiran teknologi tersebut di sejumlah perangkat pintar belumlah banyak, sehingga Apple menyisipkannya ke dalam iPhone 5S. Kini, produsen berlomba-lomba untuk menyematkan teknologi biometrik ke dalam smartphone dan tablet andalannya.
 
Teknologi biometrIK juga bisa dimuat ke dalam sebuah kunci fisik yang berfungsi sebagai password. Teknologi ini akan terus berkembang dan tak sedikit produsen yang telah mengambil ancang-ancang untuk memanafaatkannya.
 
 
Internet untuk Kebutuhan Personal
 
"Internet of Things" merupakan sebuah istilah yang akan populer di ajang CES kali ini. Ide menarik untuk menghubungkan perangkat rumah tangga, seperti kulkas dengan internet kini semakin jelas terlihat. Banyak perangkat rumah tangga yang nanti bisa diatur penggunaannya lewat internet. Philips adalah salah satu perusahaan yang telah membuktikan hal itu. 
 
 
Konsep teknologi tersebut juga menyasar ke dalam kendaaran pribadi, seperti mobil. Seluruh sistem yang terdapat di dasboard sebuah mobil akan semakin cerdas dan memudahkan penggunanya untuk berkendara. Salah satu pabrikan mobil yang tak lama lagi mewujudkan teknologi tersebut adalah Audi yang menggandeng Google. Kedua perusahaan tersebut akan membuat aplikasi Android bisa berjalan di peranti keras mobil.
 
Selain Audi dan Google, ada juga raksasa TI lainnya yang memiliki konsep serupa, yaitu Apple. Perusahaan yang dikomandoi oleh Tim Cook ini telah menggandeng BMW, Daimler, General motors, Ferrari, Honda, dan Mercedes-Benz untuk menghadirkan beragam sistem menarik ke dalam sebuah kendaraan pribadi. Penyediaan sistem informasi dan hiburan ke dalam mobil ini akan menjadi arena persaingan baru buat Apple dan Google.
 
Printer 3D
 
Teknologi lainnya yang akan muncul di ajang CES 2014 kali ini adalah kehadiran mesin cetak tiga dimensi. Sayangnya, teknologi ini masih terkendala dengan beberapa hal, salah satunya harga perangkat cetak yang dikembangkan masih terbilang mahal. Hingga saat ini, belum ada perusahaan yang mampu dengan inovasinya untuk menanggulangi masalah tersebut. Oleh sebab, teknologi printer 3D kurang populer di pasaran.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar