Kamis, 09 Januari 2014

Klasifikasi Sistem Teknologi Komputer

Berdasarkan data yang diolah
  • Komputer analog : komputer yang digunakan untuk mengukur data kualitatif atau data yang tidak berbentuk angka karena data yang diterima bersifat gelombang. Sebagai contoh, komputer ini digunakan untuk mengukur kekuatan cahaya,voltmeter,pengecekan suhu dan lain-lain.
komputer-analog
  • Komputer Digital : komputer yang digunakan untuk mengukur data kuantitatif atau data yang berbentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain. Komputer digital ini mempunyai kemampuan kalkulasi dan manipulasi data. Komputer ini digunakan orang untuk aplikasi-aplikasi bisnis dan lain-lain aplikasi yang mengolah data kuantitatif.
komputer-digital
  • Komputer Hybrid : Komputer yang merupakan gabungan dari komputer analog dan komputer digital dan bekerja secara kualitatif dan kuantitatif.
hybrib komputer

Berdasarkan penggunaannya
  • Special-Purpose Computer : Komputer yang dirancang untuk  menyelesaikan suatu masalah yang khusus, biasanya hanya  berupa satu masalah saja. Komputer jenis ini banyak dikembangkan untuk pengontrolan otomatis pada proses-proses industri, seperti pabrik kimia, penyulingan minyak, dan sebagainya.
special-purpose-computer
  • General-Purpose Computer : Komputer yang dirancang untuk menyelesaikan bermacam-macam masalah. Komputer jenis ini digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berbeda-beda, seperti aplikasi bisnis, teknik pendidikan, pengolahan kata, permainan dan lain sebagainya.
Berdasarkan kapasitas kerja & memori komputer
  • Micro Computer : Komputer yang hanya digunakan untuk satu pemakai saja. Komputer mikro juga mempunyai bentuk yang portable menyerupai sebuah buku catatan (notebook) sehingga komputer ini disebut dengan notebook computer.
komputer mikro
  • Mini Computer : Komputer yang dapat digunakan bersama-sama oleh banyak pemakai karena mempunyai karena mempunyai beberapa terminal. Komputer mini dapat menghubungkan sampai dengan 64 terminal.
mini komputer
  • Small Computer : Komputer yang menggunakan sistem  multiprogramming, multiprocessing  dan  virtual storage serta bersifat  mutliuser  dengan terminal sampai ratusan buah.
ibm_mainframe_t-rex_270x323
  • Medium Computer : Komputer yang digunakan untuk komunikasi data, dengan ratusan terminal yang terpisah dari pusat komputernya. Pusat komputer biasanya menggunakan medium computer dan terminal-terminal dapat menggunakan micro computer  atau mini computer  untuk penerapan konsep distribution data processing ( DDP), yaitu terminal selain dapat berhubungan dengan komputer pusat, tetapi dapat juga berdiri sendiri.
    mainframe
  • Large Computer : Komputer yang memiliki kecepatan dan memori yang besar, memungkinkan secara efektif menerapkan sistem time-sharing, ratusan pemakai dapat menggunakan komputer ini serentak dari terminal masing-masing pada saat yang sama. Biasanya digunakan pada perusahaan-perusahaan yang besar, seperti perusahaan penerbangan yang mempunyai ratusan kantor cabang tersebar di seluruh dunia yang tiap-tiap kantor cabang mempunyai terminal dihubungkan dengan pusat komputernya. 
  • Super Computer : Komputer mainframe yang mempunyai banyak prosesor yang dipasang secara parallel. Contohnya super komputer yang digunakan di perusahaan telepon PTT di Belanda yang menggunakan sebanyak 48 prosesor yang diparalel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar