Selasa, 24 Desember 2013

Mengenal Cloud Computing dan Cara Kerjanya.

Katakanlah anda seorang eksekutif di sebuah perusahaan besar. Tanggung jawab anda memastikan bahwa semua karyawan anda memiliki hardware yang tepat dan perangkat lunak yang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaan mereka sudah tepat. Membeli komputer untuk setiap orang tidak akan cukup – anda juga harus membeli lisensi perangkat lunak dan alat untuk karyawan yang mereka butuhkan. Kapanpun anda memiliki seorang karyawan baru, Anda harus membeli perangkat lunak yang lebih atau pastikan lisensi perangkat lunak anda saat ini memungkinkan bagi pengguna lain. Hal ini membuat anda merasa sulit untuk pergi tidur pada malam harinya.

apa itu cloud computing
Mungkin ada alternatif bagi para eksekutif seperti anda. Alih-alih menginstal sebuah paket perangkat lunak untuk setiap komputer, anda hanya harus memuat satu aplikasi. Aplikasi yang akan memungkinkan para pekerja untuk login ke layanan berbasis web yang ter-host ke semua program pengguna berdasarkan kebutuhan nya atau pekerjaannya. Mesin remote yang dimiliki oleh perusahaan lain akan menjalankan semuanya dari e-mail ke pengolah kata untuk program analisis data yang kompleks ini. Hal ini disebut cloud computing dan ini bisa mengubah seluruh industri komputer.
Dalam sistem cloud computing, ada pergeseran beban kerja yang signifikan. Komputer lokal tidak lagi harus melakukan semua beban berat ketika digunakan. Jaringan komputer yang cloud ini menangani mereka sebagai gantinya. Hardware dan software pada sisi pengguna menurun. Satu-satunya hal dimana komputer pengguna harus mampu untuk menjalankan adalah antarmuka perangkat lunak sistem cloud computing, yang sederhana sebagai peramban Web, dan cloud network akan mengurus sisanya.
apa itu cloud computing
Ada kesempatan baik jika anda sudah menggunakan beberapa bentuk cloud computing. Jika anda memiliki account e-mail dengan layanan Web-based e-mail seperti Hotmail, Yahoo! Mail atau Gmail, maka anda telah memiliki beberapa pengalaman dengan cloud computing. Malah untuk menjalankan program e-mail pada komputer anda, anda dapat login ke account e-mail Web anda secara jarak jauh / dapat dikendalikan dari tempat lain. Perangkat lunak dan penyimpanan untuk account anda tidak ada pada komputer anda – tetapi pada layanan cloud computer .
Arsitektur Cloud Computing
Ketika berbicara tentang sistem cloud computing, sistem ini terbagi menjadi dua bagian: ujung depan dan ujung belakang. Mereka terhubung satu sama lain melalui jaringan, biasanya adalah Internet. Ujung depan adalah sisi pengguna komputer (user), atau klien (client), melihat. Bagian belakang adalah “cloud” bagian dari sistem.
Ujung depan termasuk komputer klien (atau jaringan komputer) dan aplikasi yang diperlukan untuk mengakses sistem komputasi awan. Tidak sistem komputasi awan semua memiliki antarmuka pengguna yang sama. Layanan seperti Web-based e-mail program memanfaatkan browser Web yang ada seperti Internet Explorer atau Firefox. Sistem lain memiliki aplikasi unik yang menyediakan akses jaringan untuk klien.
Di ujung belakang sistem adalah berbagai komputer, server dan sistem penyimpanan data yang menciptakan “cloud” dari layanan komputasi. Secara teori, sebuah cloud computer system dapat mencakup hampir semua program komputer yang dapat anda bayangkan, dari data pengolahan hingga video game. Biasanya, setiap aplikasi akan memiliki server khusus nya sendiri.
cloud computing
Sebuah server pusat mengelola sistem, memantau lalu lintas dan permintaan client untuk memastikan semuanya berjalan lancar. Sistem ini mengikuti seperangkat aturan yang disebut protokol dan menggunakan jenis khusus dari perangkat lunak yang disebut middleware. Middleware network memungkinkan komputer untuk berkomunikasi satu sama lain. Sebagian besar, server tidak berjalan pada kapasitas penuh. Itu berarti ada kekuatan pemrosesan yang hasil buangannya tidak terpakai. Maka akan memerlukan sebuah cara. Teknik ini disebut virtualisasi server. Dengan memaksimalkan output dari setiap server, virtualisasi server mengurangi kebutuhan pada mesin dalam bekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar