Selasa, 24 Desember 2013

Enam Rumor dan Berita Teknologi yang Paling Heboh di Tahun 2013


Salah satu berita teknologi atau rumor yang paling menggemparkan dunia teknologi beberapa waktu yang lalu datang dari Apple yang akan hadir dengan beberapa warna sekaligus. Sementara itu, masalah kecil lainnya yang dihadapi sebuah perusahaan raksasa teknologi akan menjadi berita heboh ketika ramai diperbincangkan di dalam Twitter.
Jadi tak bisa dipungkiri bahwa tahun 2013 ini adalah tahun di mana rumor terheboh akan kemajuan teknologi berkumpul menjadi satu. Dan beberapa rumor itu benar, seperti iPhone baru yang dijuluki 5c, meskipun bahwa "C" adalah singkatan dari warna (Color) dibandingkan dengan istilah murah (Cheap). Serta beberapa berita teknologi yang memberitakan perombakan organisasi Microsoft serta smartphone melengkung dari LG.
Tapi sejumlah cerita dan rumor belum menjadi kenyataan hingga saat ini seiring dengan makin banyaknya ide-ide baru yang bisa jadi cukup menarik yang makin berdatangan. Di mana rumor ini berasal? Idealnya, mereka datang dari wartawan dengan sumber yang ditempatkan dengan baik, tapi banyak berita  teknologi yang telah diungkapkan oleh seorang blogger yang disisir melalui kode. Lalu ada pemasok dari luar negeri yang mungkin sedikit terlalu ‘cerewet’ menceritakan produk terbarunya yang akan menjadi produk besar dalam waktu singkat ke depan yang pada saat itu masih dalam proses produksi, serta gambar perangkat baru yang hanya muncul pada forum Web China. Dan jangan lupa analis Wall Street, yang biasanya memiliki track record baik untuk memberitakan sebuah rumor.
Untuk mengetahui apa saja rumor dan berita teknologi yang paling heboh yang pernah terjadi sebelumnya di tahun 2013, baca rangkuman Paseban berikut di bawah ini.
iWatch
Rumor tentang smartwatch Apple, yang dengan cepat dijuluki iWatch, mulai memutar rumornya pada tahun lalu. Dan bahkan sebagai jam tangan berteknologi tinggi dari saingannya, seperti Sony dan Samsung mulai bergulir dari jalur produksi pada tahun 2013, semua mata masih tertuju pada Apple.
Tim Cook pernah mengatakan pada konferensi D11 di bulan Mei, bahwa pasar dari teknologi yang bisa dipakai adalah pasar yang menarik. Dan hingga sekarang, iWatch masih menjadi misteri Apple yang paling dinantikan hingga beberapa waktu ke depan.
Rumor konsep iWatch yang beredar di dunia maya
iPad Raksasa
Apple telah lama memenangkan kejuaraan desain untuk perangkat modern, menghindari fase phablet, menarik perhatian dengan iPhone 4, dan bersumpah untuk "tidak pernah"merilis tablet 7 inci karena iPad Mini dengan ukuran 7,9 inci adalah ukuran yang tepat. Namun, rumor tentang versi iPad yang besar sempat beredar.
Bulan lalu, seorang pejabat yang tidak disebutkan namanya sebagai seorang pemasok barang Apple ke Korea mengatakan ke Korea Times bahwa Apple akan merilis iPad 12.9-inch awal tahun depan. Mengingat bahwa Apple baru saja memperbaharui tablet iPad-nya, hal ini menjadi tidak mungkin. Namun tidak bisa terelakkan bahwa Apple sering bereksperimen dengan berbagai ukuran dan faktor bentuk, namun pengujian dan eksperimen ini tidak berarti harus dilepaskan di pasaran nantinya.
Netflix pada TV Kabel
Memang layanan ini tidak tersedia di Indonesia, namun rumor ini sempat membuat heboh dan menjadi besar. Netflix telah lama mengatakan bahwa salah satu ancaman terbesar bagi bisnisnya adalah "TV Everywhere", yang adalah ketika perusahaan TV kabel menyediakan pelanggan konten berbayar dengan akses gratis ke konten online.
Dan sementara aplikasi Netflix tersedia pada puluhan perangkat, kesepakatan dengan perusahaan TV kabel bisa mempermanis usaha dari Netflix ini. Dan itulah yang The Wall Street Journal katakan dan saat ini kemungkinan sedang dikerjakan, yakni perusahaan provider penyedia layanan TV kabel memberikan kemudahan akses kepada pelanggannya untuk mengakses Netflx.
Intel TV
Gemuruh dari layanan TV Intel dimulai pada Maret 2012, ketika Wall Street Journal pertama kali mencatat bahwa layanan ini pertama kali akan tersedia di layanan TV kabel Amerika Serikat, seperti penyedia layanan TV kabel dan satelit lakukan, layanan ini akan diberikan dengan satu set top-box. Tapi pendanaan dilaporkan menjadi masalah, sehingga hingga saat ini masih belum terwujud.
Amazon Phone
Pada 2013, kita mendapatkan Facebook Home bukannya Facebook Home seperti yang dikabarkan, namun Amazon sejauh ini menjadi rumor utama untuk menciptakan ponselnya sendiri dibandingkan Facebook. Pada bulan April, rumor ini mulai menggoyang pasar ketika  mantan eksekutif Windows Phone, Charlie Kindel dipekerjakan oleh Amazon untuk bekerja pada "sesuatu yang rahasia" di "daerah yang sama sekali baru untuk Amazon."
Amazon Phone Concept
 Tentu, yang diterjemahkan  adalah Amazon Phone untuk para warta berita teknologi dunia, tapi sejauh ini, tidak ada telepon. Pada bulan September, di tengah laporan bahwa Amazon tidak akan memberikan biaya pada Amazon Phone , perusahaan mengatakan "tidak memiliki rencana untuk menawarkan ponsel tahun ini, dan jika kita meluncurkan ponsel di masa depan, itu tidak akan gratis”
Microsoft Surface 7 inci
Pada bulan Maret, Microsoft menurunkan resolusi minimum untuk perangkat Windows 8, yang menunjukkan bahwa  tablet 7 inci berbasis sistem operasi terbaru mungkin sedang dipersiapkan. Bulan berikutnya, Wall Street Journal mengatakan bahwa Microsoft sedang mengerjakan sebuah lineup baru dari tablet Surface, termasuk model 7-inci.
Tetapi ketika generasi kedua tablet Surface yang terungkap, tidak ada model yang lebih kecil. Sebagian dari masalah adalah bahwa platform Microsoft Windows bekerja lebih baik pada layar yang lebih besar, tetapi Redmond juga mengalami kesulitan untuk bergerak pada Surface tahun ini, khususnya versi RT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar