Selasa, 31 Desember 2013

Apa Itu Domain

Kali ini saya akan membahas apa itu domain. Jika Anda membuka website seperti Facebook.com, Twitter.com, Google.com, Yahoo.com, Webhostmu.com, bisa dipastikan Anda sedang mengunjungi alamat website tersebut. Ya, nama-nama alamat itu adalah nama domain.
Jujur, untuk pengertian domain ini, saya juga masih sering mendapati orang-orang yang belum paham apa itu domain. Padahal sehari-harinya mereka juga kadang menggunakan internet dan membuka situs seperti Tokobagus.com, Berniaga.com, dan tentu saja tidak ketinggalan Facebook dan Twitter.

Lalu, apa itu domain?

Masih menggunakan analogi bangunan dan tanah seperti ketika saya menggambarkan tentang pengertian hosting.
Ibarat sebuah bangunan, tanah tempat bangunan berdiri adalah hosting, sedangkan bangunan adalah website, dan alamat bangunan tersebut adalah domain.
Seringkali orang terbalik-balik dalam memahami istilah ini. Jangan khawatir, Anda tidak sendirian, saya pun begitu dulunya. Nah sekarang jadi kewajiban saya untuk menyampaikan kepada Anda.
Kemudian untuk memilikinya, Anda bisa membelinya di domain provider atau penyedia domain seperti WebHostMu.com.
Satu hal yang perlu diingat, nama domain ini bukan berarti setelah Anda membeli lalu bisa jadi milik Anda seterusnya. Tidak… Kepemilikan nama domain ada masa berlakunya. Minimal 1 tahun. Dan setelah expired, Anda bisa memperpanjang jika masih ingin menggunakannya.
Idealnya, ketika memilih nama domain yang hendak digunakan ada baiknya yang mudah diingat dan diucapkan. Sehingga memudahkan orang lain yang ingin mengunjungi situs Anda. Coba Anda baca tips memilih nama domain, di artikel tersebut dijelaskan bagaimana sebaiknya memilih nama domain.
Selanjutnya, jika Anda sudah memiliki alamat domain, pastikan hubungkan dengan server hosting Anda supaya domain tersebut bisa diakses. Istilahnya adalah pointing IP. Maksudnya arahkan alamat IP domain Anda ke IP hosting milik Anda. Setelah itu baru orang lain bisa melihat Anda di internet.
Disamping itu ada juga beberapa istilah yang sering digunakan, seperti:
  • Sub Domain
  • Addon Domain
  • Parking Domain
Baiklah, kiranya itu dulu pembahasan tentang apa itu domain. Jika Anda masih merasa kurang paham, silahkan sampaikan pada kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar